Berita

PENCANANGAN KAMPUNG PANCASILA DESA KUTA 2022

Kuta.desa.id – Pemdes Kuta bersama Pemuda Pancasila dan FORPIMCA (Forum Pimpinan Kecamatan) Bantarbolang  yang terdiri dari DANRAMIL, KAPOLSEK, dan Camat Bantarbolang melakukan kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila Desa Kuta, yang bertempat di Pendopo Balai Desa Kuta. Kamis (14/04/2022)

Kampung Pancasila merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, menumbuhkan kerukunan antar masyarakat Pancasila karena penduduknya beragam, menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila, dan menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Disampaikan Kapolsek Kec. Bantarbolang, Wahyudi Wibowo, Desa Kuta merupakan satu kecamatan satu kampung yang dipilih dalam pencanangan Kampung Pancasila di wilayah kecamatan Bantarbolang 2022.

Juga dalam sambutannya, Camat Bantarbolang, Waluyo menyampaikan mengenai pentingnya pencanangan kampung Pancasila dalam masyarakat setempat, salah satunya dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila Bhineka Tunggal Ika untuk tetap saling menghargai dan menghormati perbedaan dalam kemasyarakatan seperti agama, ras, suku bangsa, budaya adat dan lain sebagainya, juga masih banyak contoh lainnya yang tanpa sadar sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.

Dalam Pencanangan Kampung Pancasila Desa Kuta 2022 dihadiri oleh perwakilan RT/RW, BPD, PKK, Tokoh Masyarakat dan Warga Desa Kuta. Kegiatan tersebut juga diselingi dengan pelaksanaan Vaksinasi Booster yang dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas Kecamatan Bantarbolang. Kegiatan lainnya juga, Desa Kuta mengenalkan berbagai produk UMKM dari Desa Kuta.

Dengan adanya pencanangan Kampung Pancasila diharapkan bisa meningkatkan Kembali nilai-nilai Pancasila pada masyarakat yang mulai pudar akibat pengaruh dari Budaya Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.