Berita

Masyarakat Desa Kuta Lakukan Kegiatan Jumat Bersih

Bertempat di wilayah lingkungan  masing-masing , Masyarakat Desa Kuta  Kecamatan Bantarbolang  Kabupaten Pemalang  secara serentak mengikuti kegiatan Jumat Bersih, Jumat, 27 Agustus 2021. Dalam bahasa lokal Kuta, mereka menyebutnya dengan “kerigan”.

Kegiatan gotong royong masyarakat Desa Kuta untuk membersihkan lingkungan ini dilakukan  setiap hari Jumat Kliwon. Hari Jumat Kliwon biasanya dimanfaatkan  masyarakat  untuk kegiatan bersih bersih lingkungan.  Sebelumnya, yakni  pada malam Jumat Kliwon mereka melakukan pertemuan rutin warga dengan mengadakan kegiatan tahlil, yang di lakukan di masing masing  Rukun Tetangga (RT).  Masyarakat Dusun Penusuhan, Kalijero, Suwuk dan Kuta pada kegiatan tersebut membersikan jalan utama di lingkungan  di wilayah dusunnya masing masing, dengan memangkas ruput  yang ada di bahu jalan. Sementara untuk masyarakat Dusun Sipanjang kegiatan ini dimanfaatkan untuk gotong royong membuat jalan baru yang berada di sisi selatan dusun Sipanjang.

Dirjo, Kepala Dusun Kalijero menyampaikan bahwa gotong royong merupakan tradisi masyarakat Desa, yang seiring berjalannnya waktu tradisi ini hampir luntur, masyarakat desa sudah mulai terpengaruhi budaya modern, tingkat kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap tradisi  ini semakin berkurang. Untuk itu  oleh pemerintah Desa dan masyarakat Desa Kuta berusaha untuk mempertahankan tardisi ini dengan cara menumbuhkan kembali semangat gotong royong dengan mengajak seluruh warga masyarakat untuk selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.