Warga Desa Kuta Panen Raya Tanaman Jagung

     Pada awal tahun 2017 ini masyarakat Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang sedang panen raya tanaman jagung (9/1).

     Menurut Suntoro (40th) salah seorang Petani dari Dusun Penusuhan Desa Kuta menyatakan bahwa sebagian besar warga pada saat ini sedang melaksanakan panen jagung, dan alhamdulilah tanaman jagung pada saat ini cukup bagus walaupun cuaca tidak menentu, karena dari 5kg bibit yang di tanam bisa menghasilkan 300-350 kg jagung.

       Namun pada saat ini petani memilih di jual kepada tengkulak dalam keadaan masih basah karena mengingat saat ini sedang musim hujan dan di jual dengan harga Rp 2500/kg. Jika di jual dengan keadaan kering bisa mencapai Rp 3500/kg tetapi masyarakat lebih memilih di jual dalam keadaan basah karena lebih efisien, kalau di jual sampai jagung kering bisa membutuhkan waktu yang cukup lama di karenakan lagi musim hujan dan bisa saja jagung menjadi busuk karena tidak terkena sinar matahari.

 

2 comments

  • Ibnu

    Potensi jagung yang sangat luar biasa berlimpah, Di Desa Sindang jaya ada sentra produksi emping jagung, yang sudah dipasarkan online ke suluruh Indonesia. Bolehlah sesekali studi banding ke Sindang Jaya Kabupaten Brebes untuk melihat tata cara pembuatan emping jagung, karena diversifikasi produk sangat dibutuhkan untuk meningkatkan harga jual jagung. sehingga pendapatan masyarakat akan bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *