Pembangunan Infrastruktur di Dusun Sipanjang

Kini masyarakat Dusun Sipanjang, Desa Kuta sudah menikmati hasil pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah, baik Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kabupaten terutama dalam pembangunan infrastruktur jalan. Karena sepanjang 2,6 km kini kondisinya sudah bagus. Tecatat ada delapan kegiatan pembangunan jalan yang terkait dengan akses masyarakat Dusun Sipanjang di tahun 2015 dan 2016.

Dusun Sipanjang merupakan satu dari lima dusun yang ada di Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Dusun ini merupakan dusun terjauh dari pusat pemerintahan Desa Kuta, jika dibandingkan dengan dusun lainnya dengan jarak 2,6 km. Untuk menuju dusun Sipanjang dari pusat Pemerintahan Desa kita harus melewati tiga ruas jalan, yakni jalan kabupaten 1,5 km, jalan Desa Glandang 0,3 km dan jalan Desa Kuta 0,8 km.

1-rabat-beton-sipanjang

Tahun 2015 Pemerintah Desa Kuta, dengan sumber dari DD (Dana Desa) membangun jalan dengan kontruksi rabat beton, panjang 175 meter, dan Pemerintah Desa Glandang dengan sumber dana yang sama melakukan pengaspalan jalan sepanjang 300 meter. Di Tahun 2016 Pemerintah Desa Kuta kembali melanjutkan pembangunan rabat beton sepanjang 284 meter dengan sumber dana DD dan Pengaspalan jalan lingkungan sepanjang 200 meter dari dana ADD (Alokasi dana Desa). Sementara Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pemalang di tahun 2016 telah melakukan pengaspalan jalan desa di dua ruas masing-masing 300 meter dan pembangunan jalan poros/kabupaten sepanjang 800 meter.

Saat ini masalah infrastruktur menjadi agenda penting untuk dibenahi pemerintah desa, karena infrastruktur merupakan penentu utama keberlangsungan kegiatan pembangunan, diantaranya untuk mencapai target pembanguan ekonomi secara kualitatif maupun kuantitatif. Perbaikan dan peningkatan infrastruktur pada umumnya akan dapat meningkatkan mobilitas penduduk, terciptanya penurunan ongkos pengiriman barang-barang, terdapatnya pengangkutan barang-barang dengan kecepatan yang lebih tinggi, dan ini tentunya akan mendorong perekonomian masyarakat.

4 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *