Berita

Pandu Digital – Pelatihan Kepada Masyarakat Desa Kuta Tentang Digital Marketing

kuta.desa.id – Pandu Digital dalam Pelatihan Digital Marketing kepada masyarakat Desa Kuta yang diselenggarakan  oleh Puspindes  Pemalang dan Kementerian Komunikasi dan Informasi , bertempat di Pendopo Balai Desa Kuta, Sabtu (19/06/2021).

Peserta yang hadir pada pelatihan tersebut kurang lebih sebanyak 40 orang, diantaranya adalah Masyarakat penggerak UMKM di Desa Kuta dengan berbagai macam usaha yang dijalankan. Tujuan dipilihnya peserta tersebut adalah untuk mengembangkan Digital UMKM sebagai upaya pemulihan ekonomi di Desa Kuta.

Puspindes dan Kominfo Kabupaten Pemalang, mengajarkan kepada Peserta bagaiman cara menggunakan Electronic Mail (E-Mail) mulai dari penamaan akun sampai cara mengirim pesan melalui aplikasi Gmail. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal sebelum mengenalkan kepada peserta mengenai Digital Marketing, bahwa untuk mendaftarkan diri menjadi pelaku Digital Marketing kita harus wajib mempunyai akun terlebih dahulu dan mengerti bagaimana cara penggunaannya.

Pelatihan selanjutnya adalah mengenalkan kepada masyarakat mengenai, apa itu Digital Marketing ?  Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Selain itu, Peserta juga dijelaska mengenai pentingnya internet bagi pelaku usaha/jasa, tips dan trik dalam marketing salah satunya dalam menarik perhatian konsumen dengan memperbagus halaman blog, menampilkan deskripsi sesuai dengan kondisi produk untuk mengurangi komentar negatif dari konsumen dan mencegah pengurangan bintang, serta sebagai upaya untuk meminimalisir adanya pembohngan public.

peserta pada acara ini juga diajarkan bagaimana menggunakan aplikasi Digital Marketing, seperti cara penggunaan aplikasi jual beli online atau sosial media sebagai perantara dalam melakukan promosi mulai dari mendaftarkan akun, daftar sebagai penyedia barang sampai bagaiman mendaftarkan diri pada facebook ads untuk mempromosikan produk dan lain sebagainya. untuk memeriahkan acara, peserta juga diberikan kesempatan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan dalam quiz dan peserta yang bisa menjawab akan diberi hadiah.

Tujuan adanya pelatihan tersebut adalah untuk mengembangkan Digital UMKM sebagai upaya pemulihan ekonomi di Desa Kuta. Semoga ilmu yang didapat dari adanya pelatihan ini bisa bermanfaat bagi peserta dan dapat diterapkan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.