Musyawarah Desa Verifikasi dan Validasi DTKS Desa Kuta Tahun 2020

Musyawarah Desa Verifikasi dan Validasi DTKS Desa Kuta Tahun 2020

kuta.desa.id – 01 Desember 2020        Pelaksanaan Musyawarah Desa di Pendopo Balai Desa Kuta, untuk Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun 2020 .

Kasi Kesejahteraan, Brahmanto mengatakan mengenai Siks-ng (Sistem Informasi  kesejahteraan sosial- Next Generation)  untuk mendata DTKS didapatkan oleh Kementrian Sosial. di Desa Kuta, terdapat sebanyak 523 DTKS yang belum diverifikasi dan validasi dari tahun 2015, dan setelah direkap kembali, ternyata ada data dengan warga yang sudah meninggal. kemudian, untuk kategori mampu dan kategori mendapatkan bantuan ditentukan oleh sistem, Pemdes hanya mengisi Data. jadi, untuk kedepannya barang kali ada yang dapat atau tidak dapat bantuan itu bukan wewenang dari Pemdes, tetapi sudah wewenang sistem.

adapun hasil dari Musyawarah Desa Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun 2020, diantaranya :

  1. ada sebanyak 596 KK yang terdaftar di DTKS Desa Kuta Tahun 2020, dengan rincian : jumlah Rumah Tangga / RT ditemukan sebanyak 519 RT, tidak ditemukan sebanyak 4 RT, Jumlah Rumah Tangga mampu sebanyak 0, dan usulan baru sebanyak 73 RT.
  2. Penetapan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial akan dilakukan seanyak 2 kali dalam setahun dan untuk pengusulan data baru bisa didaftarkan dan diinput melalui siks-ng DTKS dengan catatan bahwa warga yang diusulkan sudah masuk kriteria warga miskin / tidak mampu.

Semua Peserta Musyawarah Desa telah menyetujui dan menyepakati hasil dari Musyawarah tersebut yang akan ditetapkan dibulan Januari Tahun 2021.

Tinggalkan Balasan