Berita

KKN Unsoed Selesai, Inilah Kesan Mereka Terhadap Desa Kuta

Selama 35 hari , terhitung sejak tanggal 29 Juli  2021 sampai dengan Tanggal 1 September  2021 Mahasiswa KKN Unsoed Purwokerto berada di Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang.  Selesainya kegiatan mahasiswa di akhiri dengan kegiatan expose KKN yang dilakukan secara virtual antara  mahasiswa KKN dengan LPPM Unsoed Purwokerto, yang juga diikuti oleh Kepala Desa Kuta, Lurah Kebondalem dan juga Bappeda Kabupaten Pemalang, Rabu, 1 September 2021.

Sebelumnya para mahasiswa sudah mengadakan acara pamitan  secara langsung kepada perangkat desa Kuta, warga di sekitar posko   yang dilaksanakan secara sederhana. Dengan Tematik Covid-19,  para mahasiswa sudah melaksanakan kegiatan  sesuai dengan program kerja yang sudah dibuat, capaian kegiatan  sudah 100 %.

“Dari sudut pandang saya selaku pendatang baru di Desa Kuta, saya cukup kaget melihat keadaan dan situasi masyarakat di Desa Kuta. Saya pikir untuk daerah yang cukup jauh dari pusat kota dan bahkan berada di kitaran hutan akan menjadi desa yang terbelakang, namun justru perkiraan saya dipatahkan saat saya melihat langsung keadaan Desa Kuta. Menurut saya masyarakat di Desa Kuta sudah memiliki pikiran yang maju, melek teknologi, peka terhadap lingkungan, peka terhadap kesehatan, semangat dalam menuntut ilmu, serta peka terhadap kesejahteraan masyarakatnya. Bahkan jauh sebelum saya terjun langsung di Desa Kuta, saya sudah banyak mendengar opini dari banyak orang di sekitar saya mengenai Desa Kuta. Saya merasa diterima dengan baik dan melihat respon masyarakat saat kedatangan kami di sana juga sangat antusias membuat saya semakin yakin bahwa masyarakat di Desa Kuta adalah masyarakat yang mau terbuka dan mau menerima perubahan.

Saran saya untuk Desa Kuta semoga Desa Kuta tetap menjadi tempat yang layak untuk masyarakatnya, dan yang paling penting tetap aktif membuat konten kegiatan desa baik di sosial media maupun website karena Desa Kuta dengan segala potensinya akan menjadi lebih di kenal oleh masyarakat luas akibat konten-konten postingannya yang menarik  akan sangat merindukan sekali semua aktivitas menyenangkan yang ada di Desa Kuta, semoga dengan letak yang jauh dari pusat kota tetap bisa menjadi desa dengan masyarakatnya yang sejahtera”  Demikian kesan dan pesan yang di sampaikan oleh Retno, salah satu Mahasiswa KKN yang ada di Desa Kuta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.