Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Kiprah Paguyuban Kuta Budaya (PAKUDAYA) kini sudah genap 2 tahun. Acara peringatan ulang tahun PAKUDAYA tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2020,  bertempat di Balai Desa Kuta. Kepala Desa Kuta, Pamong Desa Kuta, sesepuh, serta masyarakat Desa Kuta turut hadir untuk menyaksikan acara tersebut. PAKUDAYA merupakan paguyuban grup karawitan dari berbagai golongan. Mulai dari grup karawitan anak SD, Karang Taruna, Ibu-ibu PKK, dan beberapa grup dari masyarakat  Desa Kuta. Oleh karena itu dalam acara tersebut masing-masing grup menampilkan hasil latihan selama ini yang terdiri dari berbagai langgem-langgem Jawa.

Grup karawitan SD menjadi pembuka pra acara dalam acara tersebut, kemudian disusul grup karawitan ibu-ibu PKK dan Karang Taruna putri. Walaupun ada yang baru laihan 5 kali namun sudah terlihat sangat pandai memainkan gamelan. Memasuki acara inti yaitu pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa Kuta sebagai wujud syukur atas kesuksesan PAKUDAYA sebagai wadah bagi warga desa kuta dalam melestarikan kesenian Jawa khususnya Karawitan. Sementara itu, selain perayaan ulang tahun PAKUDAYA, acara tersebut juga mempunyai agenda lain yaitu pemberian nama untuk lapangan Desa Kuta. Atas keputusan bersama lapangan Desa Kuta diberi nama “Kridaku” yang artine Krida (gerak), Ku (Kuta), diharapkan seluruh elemen Desa Kuta, baik pemerintah ataupun amsyarakatnya dapat terus bergerak, bekerja bersama membangun Desa Kuta menjadi lebih baik lagi.

Setelah pemotongan tumpeng kemudian dilanjutkan penampilan grup karawitan dari ibu-ibu RT, dan grup pemuda Desa Kuta hingga acara berakhir sekitar pukul 24.00. Desa Kuta mempunyai banyak sekali potensi budaya, salah satunya PAKUDAYA. Walaupun baru berjalan 2 tahun, tapi sudah memberikan hasil yang nyata untuk Desa Kuta. Harapanya PAKUDAYA ke depanya dapat terus menajadi wadah masyarakat Desa Kuta dalam melestarikan kesenian Jawa.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.