Berita

Dalang Cilik, Latihan Wayang di Sanggar Sanila Desa Kuta

kuta.desa.id – Sanggar Seni Larasati (Sanila) lakukan kegiatan rutin latihan wayang yang bertempat di Dusun Suwuk Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang, Jum’at (03/09/2021).

Kesenian dan budaya di Sanggar Seni Larasati (Sanila) diketuai oleh Moh. Yasin Aman. Latihan wayang dilakukan kurang lebih sekitar 20 orang dengan bagian masing-masing, seperti memainkan alat tradisional, Sinden, Dalang dan lain sebagainya. Dimana bisanya Dalang yang memainkan Wayang adalah orang yang berbeda-beda diseitap latihan, yang pada kesempatan kali ini ketua sanggar mendatangkan Dalang cilik dari Moga bernama Kresna yang masih duduk dibangku sekolah dasar (kelas 4). Dimana Wayang yang dimainkan oleh Kresna, diiringi dengan lantunan alat tradisional gamelan menggunakan LDR. Ketawang lara nangis dan juga nyanyian dari 3 orang Sinden yang salah satunya berasal dari Moga.

Latihan wayang di Sanggar Sanila dilakukan secara rutin seminggu sekali di malam Sabtu yang dilakukan mulai dari pukul 8. Latihan ini selain bertujuan untuk memaksimalkan penampilan pada saat pagelaran wayang kulit , juga untuk menjaga kelestarian seni dan budaya tradisional dimasyarakat khususnya Desa Kuta, dengan mengenalkan kepada Pemuda Pemudi Desa mengenai Seni Wayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.