Selepas Sholat Isya berjama’ah umat Islam Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang melaksanakan sholat gerhana bulan, bertempat di Masjid Nurul Jannah Dusun Suwuk, Rabu (31/1/2018).

Bertindak selaku imam dan khotib dalam sholat gerhana tersebut, H. Kusnardi, S.Pd. Dalam khotbahnya beliau menyampaikan, bahwa sesungguhnya gerhana bulan merupakan peringatan bagi umat manusia yang mau berpikir tentang akan datang suatu masa dimana bumi akan di hancurkan oleh Allah SWT, sesuai firman Allah dalam Surat At-Takwir ayat 1-3. Sesungguhnya gerhana bulan, gerhana matahari terjadi bukan karena matinya atau hidupnya seseorang, namun itu adalah ayat dan tanda-tanda keagungan Allah SWT. Pada saat gerhana disunahkan untuk cepat-cepat melaksanakan sholat, memperbanyak bacaan istighfar, dan bersedekah. Sebagian ulama mengatakan bahwa gerhana merupakan isyarat dari langit akan terjadinya musibah, dan penangkalnya adalah sholat, istighfar dan bersedekah. Dan musibah yang paling besar didunia ini adalah ketika umat islam tidak bisa mengamalkan agamanya.

Dalam akhir khotbahnya H. Kusnardi, S.Pd. mengajak kepada para jama’ah untuk mengambil hikmah dari terjadinya gerhana, yaitu meningkatkan ta’aruf, mendekatkan diri kepada Allah SWT.