Sekretaris Desa dan Bendahara Desa dari 17 desa di Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang mengikuti pelatihan Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) bertempat di Hotel Guciku, Komplek Obyek Wisata Guci, Kabupaten Tegal, selama dua hari Rabu s/d Kamis (28-29/3/18).

Acara Pelatihan dbuka oleh Camat Bantarbolang, Abdul Rachman, M.Si. Dalam sambutan pembukaan, Camat Bantarbolang menghimbau peserta untuk mengikuti pelatihan sampai dengan selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan jangan sungkan-sungkan selalu bertanya kepada tutor, apabila ada hal yang kurang jelas. Dan nantinya dapat dipraktekan dalam pengelolaan keuangan desa.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut dipandu oleh Satgas Siskeudes Dinpermasdes Kabupaten Pemalang. Pada hari pertama para peserta diajak untuk langsung entri data Perencanaan Desa, yakni Visi, Misi serta RPJMDes dan entri data Penganggaran yang terdiri atas Kegiatan, Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan. Pada hari kedua peserta melakukan entri data Penatausahaan dan Pembukuan.

Salah seorang Satgas Siskeudes, Riyanto menyebutkan bahwa Aplikasi Siskeuades yang dikembangkan oleh BPK ini sangat simpel dan mudah dioperasikan. Apabila isian data sudah lengkap maka Bendahara desa akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan.

Dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikankesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Begitu besar peran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh karena itu pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan
ketentuan.