Kementerian Pertanian Canangkan Kegiatan Pecepatan Tanam di Desa Kuta

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah (BPTP Jateng), Dr. Ir. Harwanto, M.Si melakukan pencanangan program percepatan tanam di Desa Kuta Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, tepatnya di Sawah Blok Kalijero, Selasa 19 September 2018.

Kegiatan teersebut selain dihadiri oleh para petani yang tergabung dalam kelompok tani Ngudi Berkah, Paca Tani juga dihadiri oleh Pejabat dari Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Tentara Nasional  Indonesia (TNI) yang dalam hal ini diwakili Danramil Bantarbolang.

Dr. Ir. Harwanto, M.Si menjelaskan bahwa program percepatan tanam terdiri atas tiga komponen yaitu : pertama percepatan tanam padi biasa, kedua percepatan tanam padi gogo dan yang ketiga untuk sistem tumpangsari padi dan jagung. Program ini dilakukan dengan mempertimbangkan ketersediaan air di sekitar areal sawah. Diharapapkan dengan program percepatan tanam di bulan September 2018 para petani bisa melkukan tiga kali tanam dalam satu tahun, sehingga produksi dan pendapatan petani dapat meningkat.

Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang akan melakukan pendampingan secara berkelanjutan agar program ini dapat berjalan dengan baik. Selain pendampingan pemerintah memberikan bantuan berupa bibit padi untuk lahan seluas 55 ha dan mesin pompa air beserta operasionalnya  untuk petani Desa Kuta. Demikian tandas , Dr. Ir. Harwanto, M.Si Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *